cara mengganti ban mobil sendiri

Ketika Anda mengalami masalah mobil, senang mengetahui bahwa bantuan paling sering hanya berjarak satu panggilan telepon. Tetapi sedikit pendidikan tentang beberapa perawatan dan perbaikan mobil dasar akan sangat membantu jika Anda pernah terjebak dalam situasi yang sulit.

Ban kempes adalah masalah umum di pinggir jalan. Sayangnya, karena Anda tidak dapat berbuat banyak untuk mencegah ban kempes di sebagian besar situasi, ban tersebut sepertinya selalu “muncul” ketika Anda memiliki tempat yang penting untuk dikunjungi. Kabar baiknya adalah, jika Anda mengetahui dasar-dasar mengganti ban, kempes tidak akan memperlambat Anda dalam waktu lama. Ikuti enam langkah mudah ini untuk mempelajari cara mengganti ban kempes dan kembali ke jalan dalam sekejap:

1. Siapkan mobil Anda

Temukan area datar yang aman untuk menepi untuk mengganti ban kempes. Cobalah untuk menjauh dari arus lalu lintas. Kemudian, kumpulkan peralatan yang tepat . Anda memerlukan dongkrak mobil, kunci pas, dan ban cadangan. Ingat, keselamatan adalah yang utama. Ada baiknya untuk mempertimbangkan cakupan Roadside Assistance agar siap menghadapi situasi seperti ini.

2. Kendurkan mur roda

Lepaskan dop untuk membuka mur roda. Inilah yang mengamankan roda ke mobil Anda. Gunakan kunci pas untuk mengendurkannya, tetapi jangan lepaskan mur roda sepenuhnya.

3. Dongkrak mobil

Tempatkan dongkrak di bawah mobil. Jika Anda baru dalam hal ini, Anda harus merujuk ke manual pemilik, yang akan menunjukkan penempatan dongkrak yang benar. Setelah terpasang, engkol dongkrak untuk menopang (tetapi tidak mengangkat) sudut kendaraan tempat Anda mengganti ban.

4. Lepaskan flatnya

Dengan dongkrak di tempatnya, lepaskan mur roda sepenuhnya dan geser ban kempes. Letakkan mur roda di tempat yang aman seperti saku Anda atau di cangkir kosong untuk memastikannya tidak menggelinding.

5. Sejajarkan cadangan

Sejajarkan ban serep dengan lubang lug-nut. Kemudian, ganti mur roda, kencangkan dengan tangan Anda sampai Anda merasakan hambatan.

6. Turunkan dongkrak

Setelah mur roda kembali ke tempatnya, turunkan dongkrak, pindahkan bobot kembali ke ban. Gunakan kunci pas untuk mengencangkan mur roda dengan aman. Ingat, inilah yang menahan ban pada mobil Anda, jadi penting untuk mengencangkan mur roda sekencang mungkin.

Meskipun ban kempes adalah penyebab paling umum dari masalah pinggir jalan, penting untuk memiliki alat yang tepat untuk membantu Anda kembali ke jalan dalam berbagai situasi. Pelajari cara memperbaiki ban kempes tanpa cadangan dan lihat posting ini untuk tips lebih lanjut untuk bersiap menghadapi keadaan darurat di pinggir jalan .

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *