Semua orang menyukai perjalanan yang mulus dan tenang tanpa gangguan atau gangguan apa pun. Mengalami kebisingan angin di dalam kendaraan sama sekali bukan momen yang menyenangkan bagi pemilik atau pengemudi mobil. Jika Anda berada di kecepatan jalan raya, kebisingan ini bisa mengganggu dan mengganggu. Mobil yang dirancang kurang aerodinamis, seperti SUV, lebih rentan terhadap suara angin seperti itu. Sebelum membahas cara mengurangi kebisingan angin di dalam mobil, mari kita pelajari dulu apa penyebab kebisingan angin di dalam kendaraan!

Apa Penyebab Kebisingan Angin Pada Mobil?

Kebisingan angin adalah masalah yang sangat umum bagi semua pemilik mobil atau pengemudi karena mereka mengalami hambatan angin saat sedang bergerak. Jika Anda mengetahui alasan di balik suara-suara tersebut, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbaikinya.

Mari kita bicara tentang penyebab suara angin di dalam mobil!

Aerodinamika mobil:

Salah satu alasan utama dan utama untuk suara angin tersebut adalah aerodinamis kendaraan. Ada ilmu sederhana di baliknya: ketika benda yang lebih besar bertabrakan dengan udara, mereka menciptakan lebih banyak suara daripada yang lebih kecil.

Jika kendaraan yang lebih kecil dikendarai pada kecepatan yang lebih tinggi, tabrakan dengan udara akan minimal karena ukurannya.

Truk, bus, atau bahkan SUV tidak kompatibel dengan aerodinamis, sehingga menghasilkan lebih banyak suara saat dikendarai dengan kecepatan tinggi. Aturan aerodinamika sederhana: Semakin kecil kendaraan, semakin kecil hambatan angin.

Jika Anda adalah pemilik kendaraan yang lebih kecil, duduk dan santai saja!

Perubahan Tekanan Udara:

Dapat membingungkan untuk mengurangi kebisingan angin di dalam mobil dengan kecepatan tinggi karena itu adalah hukum alam. Perubahan tekanan udara dapat membuat suara angin kencang saat dikendarai dengan kecepatan lebih tinggi. Ingin tahu apa ilmu di balik ini? Hal ini sederhana. Ketika dikemudikan pada kecepatan yang lebih tinggi, udara di luar kendaraan Anda memiliki tekanan yang lebih rendah dibandingkan dengan angin di dalam mobil Anda.

Inilah alasan mengapa ada ventilasi di mobil Anda. Mereka menjaga keseimbangan tekanan udara baik di dalam maupun di luar mobil saat Anda mengemudi. Perubahan tekanan udara adalah alasan utama lain untuk kebisingan angin.

Segel Pintu Mobil Rusak:

penahan cuaca pintu

Anda mungkin tidak menyadarinya, tetapi memiliki segel pintu mobil yang aus bisa menjadi alasan lain untuk suara angin di mobil Anda. Angin di dalam mobil mencoba keluar melalui ventilasi untuk menyeimbangkan tekanan udara di luar kendaraan. Namun, ventilasi ini rusak karena tekanan angin tinggi yang melewatinya.

Inilah alasan mengapa pintu dan jendela mengeluarkan suara seperti itu. Ketika segel pintu mobil mulai terkelupas, maka akan mengalami kerusakan seperti retak, busuk, sobek, dan terkadang juga rusak.

Bagaimana cara mengurangi kebisingan angin di mobil?

Sekarang setelah kita mengetahui penyebab utama suara angin di dalam mobil, kita dapat melihat berbagai cara untuk memperbaikinya. Lihat ini!

Identifikasi Sumber:

Hal pertama yang pertama, Anda perlu menemukan sumbernya untuk mengurangi kebisingan angin. Anda dapat melakukannya dengan mengemudi di tempat yang tenang atau terpencil untuk mendengarkan dari mana suara itu berasal. Pastikan tidak ada musik selama waktu ini untuk lebih memahami suara dengan lebih baik.

Untuk identifikasi yang lebih tepat, Anda dapat meminta seseorang untuk menemukan sumber kebisingan. Perhatikan baik-baik semua pintu, jendela, dan bagian luar mobil. Periksa segel pada pintu dan jendela karena juga merupakan penyebab utama kebisingan angin di dalam mobil.

Setelah Anda menemukan penyebabnya, periksa secara menyeluruh untuk mengetahui apakah ada bagian lain yang juga mengeluarkan suara seperti itu.

Perbaikan Segel Pintu:

Karena weatherstripping menyegel pintu dan jendela Anda agar tidak mendapatkan udara, itu adalah kemungkinan alasan pelepasan udara yang membuat angin ribut. Jika Anda dikonfirmasi tentang kebisingan pada langkah pertama, maka Anda dapat memeriksa weatherstripping.

Buka setiap pintu dan jendela dan periksa segel di sekitarnya. Cari kerusakan apa pun, misalnya, tergencet, robek, atau hancur, pada titik ini ditambahkan. Pastikan untuk memeriksa sekitar kompartemen penyimpanan dan sunroof juga.

Sekarang setelah Anda menemukan masalahnya, ini adalah kesempatan ideal untuk melakukan sedikit perbaikan. Jika pelapis cuaca tidak terpasang, Anda dapat menggunakan lem penahan cuaca untuk menyatukannya kembali. Itu dia!

Jika Anda menemukan bahwa ruang weatherstripping Anda terjepit dan mungkin terlalu datar untuk diperbaiki, Anda memiliki dua alternatif. Untuk memulainya, gosokkan sedikit minyak lithium ke dalamnya untuk melakukan ekspansi. Jika ini tidak berhasil, Anda dapat menggantinya.

Periksa Pintu Mobil Anda:

Sekarang kami telah memeriksa weatherstripping dan semuanya terlihat baik-baik saja. Bukankah kita harus memeriksa pintu mobil? Bahkan kerusakan kecil dapat mencegahnya menutup atau membuat ruang di mana udara dapat masuk ke dalam kendaraan Anda.

Mulailah dengan mencari kerusakan seperti goresan yang signifikan. Jika Anda menemukan kerusakan, Anda mungkin perlu membawa kendaraan Anda ke ahlinya untuk memperbaikinya.

Setelah memeriksa semua kerusakan, buka dan tutup semua pintu. Pastikan tertutup tanpa hambatan. Jika terjadi masalah, Anda mungkin harus memeriksa kunci pintu.

Perbaiki Kerusakan:

Kerusakan pada eksterior kendaraan Anda penting untuk diketahui karena angin dapat masuk ke dalam mobil. Periksa seluruh bagian luar kendaraan Anda apakah ada kerusakan nyata yang memungkinkan lubang tersebut.

Cari bukaan di bagian luar. Ini bisa terjadi karena kecelakaan, atau mungkin dari segel yang hilang. Setiap bukaan di bagian luar mobil Anda dapat menyebabkan keributan angin yang berlebihan.

Kemudian, cari indikasi karat atau erosi. Bintik-bintik ini mungkin kecil, tetapi Anda tidak ingin melewatkannya.

Terakhir, pastikan untuk memeriksa kaca mobil Anda secara menyeluruh. Retakan di jendela atau salah satu kaca depan juga dapat menyebabkan jumlah kebisingan angin yang Anda dengar. Kerusakan dan keripik tidak diragukan lagi dapat diperbaiki oleh seorang ahli dengan biaya yang cukup rendah. Jika kerusakannya lebih dari satu keping atau patah, Anda mungkin harus menggantinya seluruhnya.

Gunakan Peredam Suara

peredam suara

Terlepas dari jenis kebisingan yang dihadapi mobil Anda, tikar peredam suara dapat membantu Anda menguranginya. Ini adalah tikar tebal yang mengasimilasi suara dan getaran yang membantu mengurangi transmisi kebisingan di mobil apa pun.

Tikar peredam suara dapat diaplikasikan ke lantai, pintu masuk, dan bahkan di sekitar bagasi kendaraan Anda untuk membantu mengurangi getaran dan kebisingan yang berlebihan di seluruh mobil Anda.

Untuk memasangnya, Anda harus turun ke logam yang tidak tertutup sehingga Anda dapat menempelkannya. Untuk pintu, ini berarti menghilangkan panel pintu. Di lantai, ini berarti menarik karpet. Di kompartemen penyimpanan, Anda harus mengeluarkan papan dan menyematkannya dengan benar.

Meskipun ini jelas merupakan tugas kerja yang membosankan, ini adalah cara yang sangat efektif untuk menghilangkan kebisingan angin di kendaraan Anda.

Pasang Deflektor Angin:

Memperkenalkan deflektor angin pada kendaraan Anda adalah salah satu pendekatan paling murah dan paling mudah untuk secara radikal mengurangi kebisingan angin yang Anda hadapi. Ini adalah potongan plastik yang menutupi titik tertinggi jendela Anda dan mencegah angin sepoi-sepoi mengenai daerah di mana jendela Anda bertemu dengan penahan cuaca.

Deflektor angin harus spesifik, jadi pastikan untuk mendapatkan yang benar untuk menyesuaikan kendaraan Anda. Mereka dibuat untuk hampir semua mobil canggih, jadi Anda tidak akan kesulitan mendapatkan yang benar.

Mereka mudah dipasang dan dapat dilakukan oleh siapa saja dalam beberapa menit.

Untuk memulainya, lepaskan bagian belakang lem. Pada saat itu, Anda menyematkan bibir ke titik tertinggi garis luar jendela dari luar. Dorong bibir ke dalam casing dan tekan secukupnya agar menempel. Hanya itu saja!

Anda dapat melacak ini di banyak situs web dan toko!

Terapkan Kaca Depan Akustik:

kaca akustik

Mengganti kaca depan Anda saat ini dengan kaca akustik dapat melakukan keajaiban untuk menenangkan kebisingan angin.

Kaca depan akustik memiliki keunggulan lebih dari sekedar menghilangkan suara angin. Misalnya, mereka juga menghalangi lebih banyak sinar UV, dan menjaga bagian dalam kendaraan Anda dari sinar matahari yang kabur.

Garis bawah

Jika Anda telah mencari cara untuk mengurangi kebisingan angin di dalam mobil, inilah yang diperlukan untuk meredakan keributan itu. Untuk memperbaikinya dengan benar, Anda perlu mencari ahli atau profesional. Menunda perbaikan mobil Anda dapat menghabiskan banyak uang di saku Anda di masa depan. Kami memahami betapa mengganggunya suara angin saat Anda mengemudi dengan kecepatan tinggi, itulah sebabnya cobalah langkah-langkah yang disebutkan untuk pengalaman yang lebih mulus. Selamat Mengemudi!

By admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *