14 Pengaturan Privasi dan Keamanan WhatsApp Terbaik Yang Harus Anda Ketahui

14 Pengaturan Privasi dan Keamanan WhatsApp Terbaik Yang Harus Anda Ketahui

Cara Menggunakan Pengaturan Privasi dan Keamanan WhatsApp

1. Matikan Tampilan Terakhir

WhatsApp memungkinkan Anda mematikan indikator Terakhir terlihat yang muncul di bawah nama Anda di utas obrolan. Atau, Anda dapat membatasinya hanya untuk kontak Anda dan tidak menunjukkannya kepada semua orang.

Untuk mematikannya, buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Terakhir dilihat . Pilih Tidak Ada dari daftar.

Catatan: Dengan mematikan terakhir terlihat, Anda tidak akan dapat melihat orang lain  terakhir terlihat juga. Juga, ini tidak akan menyembunyikan status online atau mengetik Anda.

2. Kontrol Siapa yang Melihat Foto Profil Anda

Demikian pula, WhatsApp memungkinkan Anda memutuskan siapa yang dapat melihat foto profil Anda. Anda dapat memilih dari Semua Orang, Kontak saya, dan Tidak Ada.

Untuk mengubah pengaturan privasi foto profil, buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Foto profil . Ketuk opsi yang disukai. Di masa depan, Anda akan mendapatkan Kontak saya kecuali fitur privasi juga untuk foto profil, sesuai laporan terbaru .

3. Kontrol Siapa yang Melihat Tentang Anda

Bagi yang belum tahu, Tentang adalah status lama yang muncul di bawah nama Anda di daftar kontak WhatsApp dan di layar informasi obrolan.

Buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Tentang. Mirip dengan dua di atas, Anda dapat mengontrol siapa yang melihatnya dengan memilih dari Semua Orang, Kontak saya, atau Tidak Ada.

4. Ubah Siapa yang Dapat Melihat Pembaruan Status Anda

Secara default, privasi pembaruan status diatur ke Kontak saya. Tetapi Anda dapat memilih dari Kontak saya kecuali dan Hanya berbagi dengan. Yang pertama memungkinkan Anda untuk mencegah orang melihat status Anda, sedangkan yang terakhir memungkinkan Anda memasukkan orang ke daftar putih.

Buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Status dan pilih pengaturan yang diinginkan . 

Tip : Cari tahu cara melihat status WhatsApp tanpa sepengetahuan mereka dan cara mengunduh status WhatsApp .

5. Matikan Kutu Biru

Jika Anda tidak ingin orang lain melihat tanda centang biru setelah Anda membaca pesan, Anda dapat menonaktifkannya. Buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi . Matikan sakelar di sebelah Tanda terima telah dibaca .

Harap perhatikan poin-poin berikut mengenai tanda terima telah dibaca:

  • Saat Anda menonaktifkan tanda terima telah dibaca, Anda tidak akan lagi melihat centang biru dari pengguna lain di ponsel Anda.
  • Menonaktifkan tanda terima telah dibaca tidak berfungsi untuk obrolan grup.
  • Dengan menonaktifkan tanda terima telah dibaca, orang lain tidak akan tahu kapan Anda melihat status WhatsApp mereka. Dan Anda juga kehilangan kemampuan untuk melihat siapa yang telah melihat pembaruan status Anda.

6. Hentikan Orang Dari Menambahkan Anda ke Grup

Itu selalu merupakan pengalaman yang menegangkan ketika orang menambahkan Anda ke grup secara acak. Untungnya, sekarang Anda dapat mengontrol siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup.

Buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Grup . Anda dapat mengaturnya ke Semua orang atau membatasinya ke Kontak saya dan Kontak saya kecuali.

7. Blokir Kontak

Jika seseorang mengganggu Anda di WhatsApp, Anda dapat menghentikan pesan atau panggilan mereka dengan memblokirnya. Buka utas obrolan orang yang ingin Anda blokir dan ketuk namanya di bagian atas. Gulir ke bawah dan tekan tombol Blokir .

Atau, buka Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi > Kontak yang diblokir. Di Android, ketuk tombol Tambah di bagian atas dan pilih kontak yang akan diblokir. Di iPhone, ketuk Tambah baru .

8. Hapus Pesan Secara Otomatis

Pesan WhatsApp biasa tetap ada di obrolan kecuali Anda menghapusnya secara manual. Bagaimana jika ada fitur dimana pesan akan hilang secara otomatis setelah beberapa waktu? Untungnya, itu mungkin dengan menghilangnya pesan di WhatsApp. Pesan akan hilang setelah 7 hari pengiriman dari kedua obrolan. Fitur ini tersedia untuk obrolan individu dan grup.

Untuk mengaktifkan pesan yang menghilang, buka utas obrolan dan ketuk nama kontak atau grup di bagian atas. Ketuk pada pesan Menghilang dan aktifkan di layar berikutnya.

9. Kirim Foto Menghilang Menggunakan Tampilan Sekali

WhatsApp memiliki fitur menarik lainnya yang membuat foto Anda menghilang dari obrolan setelah orang lain melihatnya. Dikenal sebagai View sekali, itu tidak membiarkan orang lain memutar ulang foto. Perhatikan bahwa orang lain dapat mengambil tangkapan layarnya dan Anda tidak akan diberi tahu tentang hal yang sama.

Untuk mengirim foto menggunakan fitur ini, tambahkan ke pesan tetapi jangan tekan tombol Kirim dulu. Tekan tombol 1 di kotak teks alih-alih Kirim di layar pratinjau. Itu akan mengaktifkan pesan Lihat sekali. Sekarang kirim pesan dan itu akan hilang ketika orang lain melihatnya. Ketahui lebih banyak tentang cara menggunakan Lihat sekali di WhatsApp .

10. Hapus untuk Semua Orang

Jika Anda pernah mengirim pesan yang salah di WhatsApp, fitur Hapus untuk semua orang memungkinkan Anda membatalkan pengiriman pesan dalam waktu 1 jam setelah mengirimnya. Pesan akan dihapus dari kedua ujungnya. Untuk membatalkan pengiriman pesan di Android, sentuh dan tahan pesan dan tekan tombol Hapus . Pilih Hapus untuk semua orang .

Di iPhone, sentuh dan tahan pesan, pilih Hapus dari menu. Tekan ikon Hapus dan pilih Hapus untuk semua orang .

Tip: Cari tahu cara membaca pesan yang dihapus di Android .

11. Kunci WhatsApp

Ingin mengunci aplikasi WhatsApp Anda sehingga tidak ada yang bisa membukanya? Masuk ke fitur Kunci WhatsApp yang berfungsi tanpa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Anda dapat mengaturnya dengan sidik jari, Touch ID, atau ID Wajah pada perangkat yang didukung.

Arahkan ke Pengaturan WhatsApp > Akun > Privasi . Ketuk kunci Sidik Jari atau Kunci layar berdasarkan opsi yang tersedia. Atur di layar berikutnya.

12. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Biasanya, ketika Anda mendaftarkan WhatsApp di perangkat baru, ia akan meminta Anda untuk OTP. Anda dapat menambahkan lapisan keamanan ekstra dengan mengaktifkan verifikasi dua langkah yang mengharuskan Anda memasukkan PIN selain OTP. Anda dapat mengaktifkannya dengan membuka Pengaturan > Akun > Verifikasi dua langkah . Ketuk Aktifkan .

13. Tetap Periksa Perangkat Tertaut

Anda harus secara teratur memeriksa perangkat lain yang memiliki akses ke akun WhatsApp Anda. Ada kemungkinan seseorang telah memperoleh akses ke akun WhatsApp Anda dengan bantuan fitur Perangkat yang ditautkan .

Di Android, buka WhatsApp dan ketuk ikon tiga titik . Pilih Perangkat yang ditautkan dari menu. Di sini Anda akan melihat semua perangkat yang memiliki akses ke WhatsApp Anda. Ketuk perangkat dan tekan tombol Log out.

Di iPhone, buka Pengaturan WhatsApp dan ketuk Perangkat yang ditautkan .

14. Hentikan Media Dari Muncul di Galeri Atau Rol Kamera

Secara default, media apa pun yang Anda unduh di WhatsApp akan muncul di galeri ponsel atau Rol Kamera Anda. Tetapi Anda dapat menghentikan media yang baru diunduh agar tidak muncul di galeri ponsel Anda.

Buka Pengaturan WhatsApp > Obrolan . Matikan sakelar di sebelah Visibilitas media (Android) dan Simpan ke Rol Kamera (iPhone).

Go Private

Anda juga dapat mengarsipkan obrolan, menyembunyikan pratinjau pesan, dan melakukan lebih banyak lagi di WhatsApp. Tetapi jika Anda masih belum puas, lihat alternatif WhatsApp terbaik untuk pengguna yang sadar privasi.

Tinggalkan Balasan