Cara Membatalkan Kirim Email di Gmail di Web dan Seluler

New-Project-gmail

Apakah Anda tidak sengaja mengirim email yang salah atau email yang benar ke orang yang salah di Gmail? Anda dapat dengan cepat membatalkan tindakan Anda dalam 5 detik dan email Anda akan dikembalikan. Tetapi setelah 5 detik itu selesai, email Anda akan meninggalkan Kotak Keluar dan berhasil dikirim ke penerima. Tidak ada pilihan tersisa untuk mengingat atau mengedit email ‘terkirim’ itu. Anda hanya dapat membatalkan pengiriman email secara instan, tetapi tidak dapat mengingatnya nanti. Jadi bagaimana cara membatalkan pengiriman email di Gmail setelah 5 detik itu berlalu?

Nah, ada lebih banyak cerita seperti meningkatkan waktu prompt yang tidak terkirim untuk menggunakan aplikasi email pihak ketiga yang menawarkan lebih banyak opsi. Inilah semua yang perlu Anda ketahui tentang cara membatalkan pengiriman email di Gmail. Kami akan membahas aplikasi web dan seluler tetapi mulai dengan solusi default.

1. Cara Membatalkan Kirim Email di Gmail

Ini adalah opsi default yang disediakan oleh Google untuk Gmail yang dapat digunakan untuk membatalkan pengiriman email terkirim tanpa menyentuh pengaturan apa pun.

1. Tulis email seperti biasa dan klik Kirim .

2. Setelah terkirim, Anda dapat melihat prompt toast yang mengatakan Pesan terkirim di sudut kiri bawah. Sekarang jika Anda ingin membatalkan pengiriman email, klik opsi Undo pada roti panggang untuk memanggil kembali email Anda.

Sekarang Anda dapat mengedit email dan mengirimnya lagi atau mengabaikan email sama sekali. Secara default, pesan toast ini hanya akan terlihat selama 5 detik. Tetapi Anda dapat meningkatkan durasi prompt di pengaturan.

2. Cara Meningkatkan Durasi Undo Prompt di Gmail

Dengan meningkatkan durasi prompt, Anda akan mendapatkan lebih dari 5 detik untuk bereaksi dan membatalkan email yang telah Anda kirim.

1. Pertama, buka Gmail dan klik ikon roda gigi di sudut kanan atas untuk membuka Pengaturan.

2. Di sini klik tombol Lihat semua pengaturan di bagian atas bilah sisi.

3. Sekarang di tab General , Anda akan melihat opsi yang disebut Undo Send . Sekarang, klik drop-down di samping S akhiri periode pembatalan dan pilih durasi antara 5 dan 30 detik.

4. Setelah selesai, gulir ke bawah dan klik tombol Simpan Perubahan .

Sekarang ketika Anda mengirim email dari Gmail, perintah Undo akan tetap ada selama u30 detik. Dan Anda dapat mengklik ikon tutup pada roti panggang untuk mengabaikan prompt.

3. Cara Membatalkan Kirim Email di Gmail di Ponsel

Gmail menampilkan perintah Undo tepat setelah Anda mengirim email di aplikasi seluler, sama seperti di aplikasi web. Setelah Anda mengklik tombol Kirim untuk mengirim email, Anda akan melihat pesan bersulang yang mengatakan Terkirim di bagian bawah layar. Cukup ketuk tombol Undo untuk mengingat email.

Secara default, prompt hanya akan terlihat selama 5 detik meskipun Anda telah mengubah pengaturan di aplikasi web. Tidak seperti di web, Anda tidak dapat menyesuaikan durasi prompt di telepon. Tetapi jika Anda menggunakan ponsel Android, Anda dapat mengaktifkan opsi Konfirmasi sebelum mengirim . Begini caranya.

4. Aktifkan Konfirmasi Konfirmasi di Gmail Mobile

Meskipun Anda tidak dapat membatalkan pengiriman email, Anda dapat mengaktifkan konfirmasi tambahan untuk mengonfirmasi sebelum mengirim. Meskipun ini tidak persis seperti Undo, ini memungkinkan Anda meluangkan waktu sebelum mengirim email itu.

1. Buka Gmail dan ketuk menu tiga titik di sudut kiri atas dan pilih opsi Pengaturan . Di sini, ketuk opsi Pengaturan umum .

2. Gulir ke bawah dan aktifkan kotak centang di sebelah Konfirmasi sebelum mengirim untuk mengaktifkan konfirmasi konfirmasi. Itu dia. Mulai sekarang, saat Anda menulis dan mengirim email, Anda akan melihat konfirmasi konfirmasi yang meminta Kirim pesan ini? sebelum email meninggalkan ponsel Anda.

3. Klik OK untuk mengirim atau Batal untuk melanjutkan mengedit email. Sebagai bonus, Anda akan berada di halaman yang sama, sehingga Anda dapat melihat penerima dan lampiran terakhir sebelum mengirim email.

5. Jadwalkan Email Alih-alih Mengirim Segera

Tidak peduli berapa kali saya memeriksa, saya selalu menemukan beberapa kesalahan dalam email saya setelah mengirimnya. Jadi saya mulai menjadwalkan email daripada langsung mengirimnya. Dengan begitu, saya punya cukup waktu untuk memeriksa dan menemukan kesalahan. Meskipun ini tidak sebagus opsi undo, ini memecahkan masalah email yang salah dan memberi Anda lebih banyak waktu untuk membatalkan email dan mengeditnya.

1. Klik tombol Tulis dan tulis email Anda seperti biasa. Sekarang alih-alih mengklik Kirim untuk mengirim email, klik tombol panah tepat di sebelah tombol Kirim untuk menemukan tombol Jadwalkan pengiriman . Klik di atasnya.

2. Ini akan membuka pop-up dengan saran untuk mengirim email nanti. Klik opsi Pilih tanggal dan waktu untuk memilih tanggal dan waktu khusus untuk mengirim email.

3. Setelah selesai, klik tombol Jadwalkan kirim untuk menjadwalkan email.

4. Sekarang, email Anda akan dikirim pada hari dan waktu yang telah Anda tentukan. Namun jika ingin mengubahnya, Anda bisa mengakses email dari label Scheduled untuk mencari email yang ingin Anda edit.

5. Di sini klik opsi Cancel Send untuk membatalkan email terjadwal. Anda sekarang dapat mengedit email dan menjadwalkannya lagi.

6. Klien Email Pihak Ketiga

Ada beberapa klien email pihak ketiga untuk dipilih. Tetapi seperti yang dikatakan sebelumnya, tidak ada opsi bagi Anda untuk membatalkan atau memanggil kembali email yang dikirim setelah beberapa detik. Hal yang sama juga berlaku untuk klien email pihak ketiga. Tetapi jika Anda ingin menggunakan klien email lain yang menawarkan lebih banyak fitur, berikut adalah beberapa yang kami rekomendasikan untuk mendukung opsi undo send.

Percikan Email

Spark Email berfungsi di iOS, Android, iPad, dan Mac. Itu tidak memiliki versi web, Windows, atau Linux. Bersamaan dengan undo send, ia juga menawarkan banyak fitur lain seperti template, komentar tim pribadi, draf, pengingat untuk menindaklanjuti, kemampuan untuk berbagi email dengan tautan, dll. Kembali ke opsi undo, inilah cara Anda dapat mengaturnya.

1. Unduh aplikasi Spark Email dan masuk dengan Akun Google Anda.

2. Sekarang ketuk ikon Tulis di bagian bawah dan buat email. Setelah selesai, ketuk ikon Kirim di sudut kanan atas.

3. Sama seperti di aplikasi Gmail, Anda akan mendapatkan prompt roti panggang di bagian bawah layar yang mengatakan Pesan terkirim. Ketuk tombol Undo di sini untuk mengingat email yang dikirim.

Namun tidak seperti Gmail, email Anda akan secara otomatis masuk ke draf alih-alih menawarkan Anda untuk segera mengedit email.

Anda juga dapat menjadwalkan email di Spark dan mengatur pengingat sehingga Anda tidak akan pernah melupakan email yang sangat penting itu lagi.

Spike Email

Spike adalah klien email kaya fitur lainnya yang mendukung semua platform utama seperti Android, iOS, web, Windows, dan Mac. Satu-satunya platform yang hilang adalah Linux. Klien ini membuat email sesederhana pesan dengan UI yang berfokus pada perpesanan dan yang paling penting tanda terima telah dibaca. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah orang lain membaca email Anda atau tidak.

1. Unduh aplikasi Spike Email dan masuk ke aplikasi dengan akun Google Anda.

2. Ketuk tombol Tulis di bagian tengah bawah dan mulailah menulis email. Setelah selesai, ketuk ikon pesawat kertas untuk mengirim email.

3. Sekarang tekan lama pada email untuk membuka menu pop-up dan ketuk opsi Unsend Message . Anda juga dapat memilih Nanti untuk menjadwalkan email agar dikirim di lain waktu dan tanggal.

Jika Anda berada di desktop, Anda dapat mengklik kanan dan memilih opsi Undo Send di menu pop-up.

Web Outlook

Klien email berbasis cloud lainnya yang mendukung opsi batalkan pengiriman adalah Microsoft Outlook. Outlook juga memiliki versi aplikasi yang tersedia untuk Mac dan Windows, tetapi hanya untuk pelanggan Microsoft 365 berbayar. Versi gratisnya tersedia untuk semua pengguna web dan seluler.

1. Tidak seperti platform lain, opsi Undo send di Outlook tidak diaktifkan secara default. Anda harus mengaktifkannya dari Pengaturan dengan mengklik ikon roda gigi di sudut kanan atas.

2. Ini akan membuka pengaturan bilah sisi. Gulir ke bawah dan klik tautan Lihat semua pengaturan Outlook .

3. Ini akan membuka Pengaturan di jendela pop-up. Pilih Mail > Tulis dan balas dan di bawah judul Urungkan pengiriman , klik dan seret penggeser untuk menyesuaikan waktu Anda mengingat email. Maksimal adalah 10 detik.

4. Setelah selesai, klik Simpan . Sekarang Anda dapat menutup menu pop-up Pengaturan dan klik Pesan baru untuk mulai menulis email.

5. Ini akan membuka prompt bersulang yang mengatakan Mengirim. Klik tombol Undo untuk mengedit email dan mengirimnya lagi.

Penutup: Cara Membatalkan Kirim Email di Gmail

Tidak ada klien email yang mengizinkan pengguna untuk memanggil kembali email yang dikirim kecuali aplikasi desktop Outlook. Tapi itu hanya untuk pengguna Microsoft 365 sehingga Anda tidak dapat menggunakan Gmail di dalamnya. Itu juga hanya menyediakan opsi penarikan untuk email yang dikirim dalam organisasi yang masuk akal karena Microsoft memiliki kontrol lebih besar atas aliran pesan di dalam dindingnya.

Tinggalkan Balasan